Minggu, 20 April 2014

Particle Board





KOMPAS.com Papan partikel atau lebih dikenal dengan nama particle board sudah terkenal sebagai bahan yang murah dan dapat dibentuk dengan mudah. Karena kemudahan dan keterjangkauan harganya ini, Anda dapat menemukan lemari pakaian, lemari dapur, meja, rak, dan bahkan furnitur terbuat dari papan partikel.
Sayangnya, di balik harganya yang terjangkau, papan partikel tidak sekuat kayu asli. Papan jenis ini membutuhkan perhatian khusus pemiliknya. Untuk itu, jika saat ini Anda memiliki banyak perabotan terbuat dari papan partikel, tips berikut ini mungkin cocok bagi Anda.
Merawat papan partikel
Peraturan pertama menjaga papan partikel Anda adalah jangan meletakkan perabot yang terbuat dari papan partikel di tempat lembab. Sayang sekali, meskipun praktis, papan ini tidak didesain untuk ditempatkan di kamar mandi.
Selain itu, jika Anda menggunakan papan partikel sebagai meja makan atau meja belajar, pastikan Anda menggunakan taplak plastik atau tatakan. Minuman dingin yang berembun akan membasahi meja Anda dan merusaknya.
Sebelum hal itu terjadi, segeralah menggunakan tatakan gelas atau coaster. Jika air saja mampu merusak papan, pastikan Anda tidak menggunakan tinner untuk papan partikel.
Terakhir, selalu ingatlah, bahwa papan partikel memiliki kekuatan tertentu. Jangan memaksakan beban yang ditanggung papan partikel lebih berat dari 10 kg.
Mengatasi jamur
Kelembaban membuat papan partikel menjadi lebih rentan terhadap jamur. Untuk itu, Anda harus lebih berhati-hati merawat papan partikel di musim penghujan. Jamur mengakibatkan bau yang tidak sedap bagi isi lemari Anda.
Untuk mengatasi hal itu, ambillah lap kering lalu olesi dengan alkohol secukupnya. Usapkan lap ke permukaan jamur secara merata dan diamkan beberapa saat agar benar-benar kering. Setelah itu, jangan lupa untuk meletakkan kapur barus di setiap sudut lemari.
(Sumber: 200 Ide Kreatif Seputar Rumah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar